Friday, March 30, 2018

AL KHAWARIJ DAN SEKTENYA




Bicara khawarij sesungguhnya amat panjang jika menelusuri sejarahnya satu persatu.

Dalam tulisan ini saya Von Edison Alouisci hanya mengambil point point penting tentang sekte ini mengingat sipat sipat khawarij dimasa lampau,kini muncul di tubuh kaum Wahabisme di abad modern ini.

.

*Secara harfiah, khawarij berarti ‘mereka yang keluar’. Khawarij bentuk jamak dari kharij, yang artinya ‘orang yang keluar’.*

Asy-Syahrastani:


ﻛﻞ ﻣﻦ ﺧﺮﺝ ﻋﻠﻰ ﺍﻻ ﻣﺎ ﻣﻢ ﺍﻟﺤﻖ ﺍﻟﺬ ﻯ ﺍ ﺗﻔﻘﺖ ﺍﻟﺨﻤﺎ ﻋﺔ ﻋﻠﻴﺔ ﻳﺴﻤﻲ ﺧﺎﺭﺧﻴﺎ 


*(Tiap yang memberontak kepada imam yang benar yang disepakati oleh jamaah dinamakan khawarij)*


(Asy-Syahrastani, Al-milal al-Nihal, Kairo:hal 114 )


Istilah khawarij muncul pertama kali dalam sejarah Islam pada abad ke-1 H (pertengahan abad ke-7 M), dilatarbelakangi oleh pertikaian politik antara Khalifah Ali bin Abi Thalib RA dan Muawiyah bin Abi Sofyan.


*MOTTO KHAWARIJ*


Khawarij memiliki motto dasar dalam Dakwah mereka di antaranya



1. Al-Muhakkimah. Nama ini berasal dari semboyan mereka yang terkenal “la hukma illa li Allah” (tiada hukum kecuali hukum Allah) atau “la hakama illa Allah ” (tidak ada perbuatan hukum kecuali Allah).

.

 Berdasakan alasan inilah mereka menolak keputusan Ali untuk ikut melakukan arbitrasi (tahkim ), dan yang baerhak memutuskan adalah Allah.

.

2. Syurah, yang berasal dari bahasa Arab yasyri

(menjual). Penamaan ini didasarkan al-Quran, 2:207


*SEJARAH SINGKAT KHAWARIJ*


Setelah Khalifah Usman bin Affan dibunuh, kaum muslimin -- melalui lembaga Ahlul Hilli wal ‘Aqdi yang terdiri dari para sahabat terpandang -- mengangkat Sayyidina Ali RA sebagai khalifah. Namun, Muawiyah -- saat itu menjabat sebagai Gubernur Syam (Suriah) -- menolak membaiat Ali. Muawiyah yang masih berkerabat dengan Usman, meminta balas atas kematian Usman RA.

Muawiyah menuntut semua orang yang terlibat dalam pembunuhan Sayyidina Usman RA harus dibunuh. Sedangkan Ali RA berpandangan yang dibunuh hanya yang membunuh Usman RA. 

.

Perbedaan ini kemudian memunculkan konflik antar-keduanya. Sayyidina Ali mengerahkan bala tentaranya untuk menyerang Muawiyah. Sebaliknya, Muawiyah juga mempersiapkan pasukannya untuk menghadapi Ali RA.

.

Pertempuran dahsyat tidak bisa dielakkan, dan ada tanda-tanda pasukan Sayyidina Ali akan memenangkan pertempuran.


 Di saat itulah, Amr bin Ash, panglima perang Muawiyah, mengusulkan kepada Muawiyah agar mengangkat mushaf (kumpulan lembaran) Alquran dengan ujung tombak sebagai tanda minta damai.

Kedua belah pihak lalu mengirim utusan. Abu Musa al Asy’ari mewakili Khalifah Ali dan Amr bin Ash mewakili Muawiyah. Keduanya sepakat menerima arbitrasi ( tahkim) untuk mengakhiri persengketaan. Arbitrasi ini ternyata membuat sekelompok kecil orang kecewa.

.

 Mereka lantas keluar dari dua kelompok mainstream ini, yang kemudian disebut sebagai kaum khawarij. Mereka merencanakan membunuh Muawiyyah dan Sayyidina Ali, namun yang berhasil mereka bunuh hanya Sayyidina Ali RA.


*SEKTE SEKTE KHAWARIJ*

.

Radikalitas yang melekat pada watak dan perbuatan kelompok Khawarij menyebabkan mereka sangat rentan pada perpecahan, baik secara internal Kaum Khawarij itu sendiri, maupun secara eksternal dengan sesama kelompok Islam lainnya.

*Al - Muhakkimah*

.

Golongan Khawarij asli dan terdiri dari pengikut-pengikut ‘Ali, disebut golongan Al-Muhakkimah. Bagi mereka, ‘Ali, Mu’awiyyah, kedua pengantara ‘Amr Ibn al-‘As dan Abu Musa al-Asy’ari dan semua orang yang menyetujui arbitrase bersalah dan menjadi kafir. Selanjutnya hukum kafir ini mereka luaskan artinya sehingga termasuk ke dalamnya tiap orang yang berbuat dosa besar.

.

*Al-Azariqah*

.

Ini adalah barisan baru setelah Al – Muhakkimah hancur. Nama sekte ini diambil dari Nafi’ Ibn Al-Azraq. Sekte ini lebih radikal dari Al – Muhakkimah, mereka tidak lagi memakai term kafir, tetapi term musyrik atau polytheist. Dan dalam Islam, syirk atau polytheisme merupakan dosa yang terbesar, lebih besar dari kufr. Mereka memandang semua orang Islam yang tak sepaham dengan mereka adalah musyrik. Bahkan orang Al-Azariqah tetapi tidak mau berhijrah ke lingkungan mereka juga dipandang musyrik.

.

*Al-Ajaridah*

.

Mereka adalah pengikut Abdul Karim Bin Ajrad. Kaum Ajaridah ini lebih lunak karena menurut paham mereka berhijrah bukanlah kewajiban sebagaimana diajarkan oleh Nafi’ Ibn Al Azraq dan Naadjah, melainkan kebajikan. Dengan demikian kaum Ajaridah boleh tinggal di luar daerah kekuasaan mereka tidak dianggap kafir.

.

*Al-Abadiyah*

.

Golongan ini merupakan golongan yang paling moderat dari seluruh golongan Khawarij, namanya diambil dari Abdullah Ibn Ibad yang pada tahun 686 M, memisahkan diri dari golongan Al-Azariqah. Paham moderat mereka antara lain :

*Orang Islam yang tidak sepaham dengan mereka bukanlah mukmin dan musyrik, melainkan kafir. Dengan orang yang demikian itu boleh diadakan hubungan perkawinan dan warisan, syahadat mereka dapat diterima dan membunuh mereka adalah haram.

*Daerah orang Islam yang tidak sepaham dengan mereka kecuali camp pemerintah merupakan dar tawhid.

*Mengerjakan dosa besar tidak membuat orang keluar dari Islam.

*Yang boleh dirampas dalam perang adalah kuda dan senjata. Emas dan perak di kembalikan ke pemiliknya.

Golongan ini sampai sekarang masih ada di Zanzibar, Afrika Utara, Omman, dan Arabia Selatan.

As-Sufriyah

Pemimpin golongan ini adalah Zaid Ibn Al – Asfar. Dalam paham, mereka dekat dengan Al – Azariqah. Hal ini menyebabkan As – Sufriyah merupakan golongan yang ekstrim.

.

 Akan tetapi ada hal – hal yang membuat mereka kurang ekstrim dari yang lain, yaitu :

.

*Orang Sufriyah yang tidak berhijrah tidak dipandang kafir

*Mereka tidak setuju anak-anak kaum musyrik boleh dibunuh.

*Tidak semua orang yang berbuat dosa besar menjadi musyrik.

*Daerah yang tidak sepaham bukan dar harb, yaitu daerah yang harus diperangi.

*Term kafir tidak selamnya harus berarti keluar dari Islam.

Adapun pendapat yang spesifik bagi mereka, yaitu :

*Taqiah hanya boleh dalam bentuk perkataan dan tidak dalam bentuk perbuatan.

*Perempuan Islam boleh kawin dengan lelaki kafir untuk keamanan dirinya, di daerah bukan Islam.

.

Pecahan aliran khawarij tersebut berkembang lagi menjadi golongan-golongan baru, seperti Baihasiyah, Shaltiyah, Maimuniyah, Hamziyah, Khalafiyah, Atharafiyah, Syu’aibiyah, Hazimiyah, Tsa’libah, Aknasiyah, Ma’badiyah, Rusyaidiyah, Mukramiyah, Ma’lumiyah, Majhuliyah, Bid’iyah, Hafshiyah, Haritshiyah, Yazidiyah, dan Ziyadah Syurfiyah.


*MUSNAHNYA KHAWARIJ GENERASI AWAL*


jika kita mencari sekte maupun sub-sekte ini dipenjuru dunia, sangatlah sulit. Berapa kitab lama menjelaskan bahwa sekte PRIODE AWAL ini telah lenyap.


*Kalaupun sekte maupun sub- sekte ini masih ada, mereka menjadi “gerakan bawah tanah” yang tidak menunjukkan identitas asli*


Perlu kita pahami bahwa walaupun sekte ini di anggap telah musnah namun generasinya akan terus muncul hingga akhir zaman sebagaimana Rasulullah telah menjelaskan bahwa kelak menjelang akhir zaman akan muncul GOLONGAN yg tingkah lakunya seperti khawarij.


*agaknya motto "TIADA HUKUM KECUALI HUKUM ALLAH"  kembali Di kumandangkam oleh golongan baru ini  dengan dalih SESUAI QURAN DAN SUNNAH*



*SIAPA KHAWARIJ AKHIR ZAMAN INI ?*



Diakhir zaman ini kita bisa melihat fenomena golongan Wahabi..yang sama dgn generasi pendahulunnya

.

*1.Menuduh dan Menyesatkan*

.

Sifat orang-orang Khawarij yang paling menonjol adalah menuduh dan menganggap sesat para imam,ulama,ustadz

serta menghukumi mereka telah berbuat salah,ahlul bidah selain kelompok mereka.


*Lihatlah tingkah wahabi*

.

*2- Berburuk Sangka*

.

Ini merupakan sifat lain dari orang-orang Khawarij yang terlihat jelas pada sosok leluhur mereka Dzul

Khuwaishirah yang tidak memiliki sifat ikhlas dan tidak tahu (bodoh) akan pribadi Rasulullah saw.mereka berdalil sesuai sunnah tetapi tabiat mereka juga rajin menghina,mengejek,merendahkan amal ibadah seseorang.sampai sampai mereka tdk mau bergaul dgn orang di luar golongan mereka.Mereka memutuskan ukhuwah.


*Lihatlah tingkah wahabi*



.

*3- Berlebihan dalam Ibadah*

.

Sifat ini sebagaimana dijelaskan oleh Nabi saw. dalam

sabdanya:


ﻳﺨﺮﺝ ﻗﻮﻡ ﻣﻦ ﺃﻣﺘﻲ ﻳﻘﺮﺅﻭﻥ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ . ﻟﻴﺲ ﻗﺮﺍﺀﺗﻜﻢ ﺇﻟﻲ ﻗﺮﺍﺀﺗﻬﻢ ﺑﺸﻲﺀ . ﻭﻻ ﺻﻼﺗﻜﻢﺇﻟﻰ ﺻﻼﺗﻬﻢ ﺑﺸﻲﺀ . ﻭﻻ ﺻﻴﺎﻣﻜﻢ ﺇﻟﻰ ﺻﻴﺎﻣﻬﻢ ﺑﺸﻲﺀ .


“Akan ada sekelompok orang dari umatku, mereka rajin membaca al-Quran. Bacaan al-Quran kalian tidak

sebanding dengan bacaan mereka, shalat kalian tidak sebanding dengan shalat mereka, dan puasa kalian tidak sebanding dengan puasa mereka.”


Berlebihan dalam berpuasa, shalat malam, berzikir, dan membaca al-Quran merupakan sifat-sifat yang

menjadi ciri khas kaum Khawarij.


*Lihatlah tingkah laku wahabi*

.

4. *Orang-orang Khawarij juga dikenal dengan sebutan ‘al- Qurra’*


karena begitu rajinnya dalam membaca al- Quran dan beribadah, hanya saja mereka memahami kandungan al-Quran tidak sesuai maksudnya.tekstual,dipahami sendiri,di analisa sendiri maksudnya sampai lupa ulama salaf yg lebih tahu maknanya.


*Lihatlah tingkah laku wahabi*


*5. Bersikap Keras kepada Umat Islam*


Kaum Khawarij dikenal dengan sikap yang keras dan kasar. Sikap mereka sangat keras dan kasar terhadap sesama umat Islam.Menuduh Ahli bidah.Syirik.bahkan gampang mengkafirkan orang yg bersyahadat karena bukan golongan mereka.


*Lihatlah tinggkah laku wahabi*


 

*6- Lemah Pemahaman Fikih*


Diantara bahaya besar dari sekte Khawarij ini adalah lemah pemahaman mereka terhadap al-Quran dan Sunnah Rasulullah saw.. Sering tidak menempatkan teks-teks agama sesuai pada tempatnya sehingga salah sering salah menghukumi dalil dan buruk sangka.


*Lihatlah tingkah laku wahabi*

.


6- Masih Muda dan Lemah Pikiran

Diantara sifat-sifat kaum Khawarij adalah umurnya masih muda dan daya pikirnya lemah. Hal itu

sebagaimana sabda Rasulullah saw.:


ﺳَﻴَﺨْﺮُﺝُ ﻓِﻲ ﺁﺧِﺮِ ﺍﻟﺰَّﻣَﺎﻥِ ﻗَﻮْﻡٌ ﺃَﺣْﺪَﺍﺙُ ﺍﻷَﺳْﻨَﺎﻥِ ﺳُﻔَﻬَﺎﺀُ ﺍﻷَﺣْﻠَﺎﻡِ .

“Akan keluar di akhir zaman suatu kaum yang umurnyamasih muda dan cara berpikirnya lemah.”

Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata: “Ahdatsul asnan maksudnya adalah mereka adalah golongan para

pemuda. Sedangkan “Sufaha al-Ahlam” maksudnya adalah pikiran mereka dangkal.”


*Lihatlah tingkah laku wahabi*


*TINGKAH MEREKA TERCANTUM DALAM HADITS SAHIH*


Mengenai sipat,sikap tingkah laku khawarij akhir zaman ini telah di jelaskan oleh Rasulullah.


Kenapa di kaitkan dgn wahabi ? 


Sebab dasarnya,mereka memiliki tindak tanduk yg sama dgn khawarij priode awal.merasa lebih alim,lebih ahli sunnah,tdk bergaul dgn di luar kelompok mereka.diluar mereka,mereka anggap ahlul bidah sesat.dan paling penting mereka menyamarkan diri mereka agar tdk terlihat ke WAHABIANNYA  sama dgn khawarij yg suka menyembunyikan sekte mereka.


Tanda mereka ini selain telah di jelaskan di atas juga telah di jelaskan oleh rasulullah sbb :


ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ : ﺇﻥ ﻣﻦ ﺿﺌﻀﺊ ﻫﺬﺍ ﻗﻮﻣﺎ ﻳﻘﺮﺋﻮﻥ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻻ ﻳﺠﺎﻭﺯ ﺣﻨﺎﺟﺮﻫﻢ ﻳﻘﺘﻠﻮﻥ ﺃﻫﻞ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻭﻳﺪﻋﻮﻥ ﺃﻫﻞ ﺍﻷﻭﺛﺎﻥ ﻳﻤﺮﻗﻮﻥ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻛﻤﺎ ﻳﻤﺮﻕ ﺍﻟﺴﻬﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﻣﻴﺔ ﻟﺌﻦ ﺃﺩﺭﻛﺘﻬﻢ ﻷﻗﺘﻠﻨﻬﻢ ﻗﺘﻞ ﻋﺎﺩ


Dalam riwayat yang lain: *“Sesungguhnya dari keturunan ini (khawarij)  ada kaum (akhir zaman)* yang membaca Al-Qur’an yang tidak sampai kecuali pada kerongkongan, *mereka membunuh orang Islam dan membiarkan penyembah berhala, mereka keluar dari Islam sebagaimana lepasnya anak panah dari busurnya*, jika saya menjumpai mereka pasti akan saya bunuh mereka seperti membunuh kaum Aad.” (HR. Bukhari dan Muslim)



*Lihatlah wahabi suka mengkafirkan diluar golongan mereka dgn cap ahlul bidah sesat*

.

ﺳﻴﺨﺮﺝ ﻓﻲ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﺰﻣﺎﻥ ﻗﻮﻡ ﺃﺣﺪﺙ ﺍﻷﺳﻨﺎﻥ ﺳﻔﻬﺎﺀ ﺍﻷﺣﻼﻡ

 

*Akan keluar di akhir zaman suatu kaum yang usia mereka masih muda, dan bodoh, mereka mengatakan sebaik‑baiknya perkataan manusia, membaca Al‑Qur’an tidak sampai kecuali pada kerongkongan mereka*. Mereka keluar dari din (agama Islam) sebagaimana anak panah keluar dan busurnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)



*Lihatlah tingkah laku wahabi,selalu berkata SESUAI QURAN DAN HADITS SHOHEH tetapi mereka tdk mengerti maksud sesungguhnya quran dan hadits  melainkan prasangka dan dugaan saja*

.

ﻳﺨﺮﺝ ﻗﻮﻡ ﻣﻦ ﺃﻣﺘﻲ ﻳﻘﺮﺋﻮﻥ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻳﺤﺴﺒﻮﻥ ﻟﻬﻢ ﻭﻫﻮ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻻﺗﺠﺎﻭﺯ ﺻﻼﺗﻬﻢ ﺗﺮﺍﻗﻴﻬﻢ



“Suatu kaum dari umatku akan keluar membaca Al‑Qur’an, mereka mengira bacaan Al-Qur’an itu menolong dirinya padahal justru membahayakan dirinya. Shalat mereka tidak sampai kecuali pada kerongkongan mereka.” (HR. Muslim)


*Lihatlah tingkah laku wahabi bicara sesuai quran tetapi prilaku,adab mereka tdk sesuai kenyataan bahkan di kenal suka menghakimi amal ibadah orang lain krn merasa ahli quran padahal awam.*

 

ﻳﺤﺴﻨﻮﻥ ﺍﻟﻘﻴﻞ ﻭﻳﺴﻴﺌﻮﻥ ﺍﻟﻔﻌﻞ ﻳﺪﻋﻮﻥ ﺇﻟﻰ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻟﻴﺴﻮﺍ ﻣﻨﻪ ﻓﻲ ﺷﻲﺀ

 .

*Mereka baik dalam berkata tapi jelek dalam berbuat, mengajak untuk mengamalkan kitab Allah padahal mereka tidak menjalankannya sedikitpun*. (HR. Al-Hakim)


*Lihatlah wahabi,bergaya mengajak umat agar sesuai sunnah dan quran tetapi mereka hanya merujuk pendapat ulamanya saja dan menolak pendapat mayoritas ulama dunia.mrk anggap ulamanya saja yg paling HEBAT*



ﻻﻳﺰﺍﻟﻮﻥ ﻳﺨﺮﺟﻮﻥ ﺣﺘﻰ ﻳﺨﺮﺝ ﺁﺧﺮﻫﻢ ﻣﻊ ﺍﻟﻤﺴﻴﺢ ﺍﻟﺪﺟﺎﻝ

.

Mereka akan senantiasa keluar 

sampai pada yang terakhir bersama Al-Masih Ad-Dajjal Jika kalian bertemu mereka, maka bunuhlah; merekalah sejelek-jelek penciptaan dan sejelek-jelek makhluk.” (HR. An-Nasa’i dan Al-Hakim)


*Lihatlah wahabi jika di kaitkan dgn hadits khawarij dan dajal..mrk kelak akan keluar mengikuti jejak dajjal*




ﺍﻟﺨﻮﺍﺭﺝ ﻛﻼﺏ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻨﺎﺭ

“Al-Khawarij adalah anjingnya ahli neraka.”


*MEREKA INI MENGAKU AHLI SUNNAH PADAHAL ANJING NERAKA*


Dari hadits-hadits di atas dapat disimpulkan sifat-sifat, nilai, fenomena, dan kedudukan mereka seperti apa.


Rasulullah telah menjelaskan dgn jelas bahwa tingkah laku khawarij akhirnya zaman demikian dan jika kita melihat wahabi sekarang maka mrk sama persis dgn pola khawarij pendahulunya.


Semoga kita semua tdk terjebak dgn ungkapan SESUAI SUNNAH DAN HADITS SHOHEH tetapi bodoh memahaminya dgn benar.


By.Von Edison Alouisci

Jerussalem 29.3.2018

.


.

BBM : VON6666

.

CHANEL TELEGRAM

http://tlgrm.me/von_edison_alouisci

.

CHANEL LINE :

https://line.me/R/ti/p/%40cpu9611w

.

FANS PAGE FB :

http://www.facebook.com/von.edison.alouisci

.

*CATATAN :*



*SHARE DAN COPY SELUAS LUASNYA*

0 Comments:

Post a Comment

 
Design by Blogger Themes | Bloggerized by Admin | free samples without surveys