Thursday, April 26, 2018

BUMI BULAT MENGITARI MATAHARI


BUMI BULAT MENGINTARI MATAHARI

.

Oleh Von Edison Alouisci

.

Tulisan saya Ini adalah didasarkan pada analisa Al quran dan Kenyataan yang ada di zaman sekarang.Tentu saja hal ini akan menuai kontra bagi ulama dan sebagian orang yg meyakini mataharilah yg mengelilingi bumi.

.

Walaupun demikian apa yg saya sampaikan ini juga sudut pandang ilmu pengetahun yg tentu perlu di pertimbangkan orang orang yg berfikir.

.

Bukanlah maksud menggurui melainkan penjelasan terhadap apa yg saya pahami.

.

Silahkan saja jika ada yg mau marah dengan tulisan saya.tetapi sebelum marah silahkan dulu berfikir baik baik sebab manusia ini di karunia akal untuk mencerna pengetahuan dgn cara yg benar.

.

Jujur saja saya 100 %  percaya bumi bulat dan percaya bahwa bumi berputar mengelilingi matahari,bukan sebaliknya.

.

kalaupun ada yg tdk setuju dgn klaim saya maka harus buktikan dgn pengujian yg jelas secara nyata.bukan sekedar teori.

.

Menurut Perhitungan-perhitungan astronomis Para ahli menjelaskan bahwa matahari  berdiameter 1.392.000 km, dan besarnya 1.303.600 kali Bumi.itu artinya matahari sangat besar ketimbang bumi.

.

Bagaimana mungkin Matahari yang besarnya demikian mengedari planet kerdil semacam  bumi ini ? 

.

Andai dikatakan Matahari mengelilingi bukti (tanpa perhitungan Ukuran ) Maka  terbayangkan betapa cepatnya, jika Matahari yang berjarak cukup jauh itu, mengelilingi Bumi hanya dalam waktu 24 jam Sedangkan dengan kecepatan 29,79 km perdetik, Bumi mengedari Matahari menghabiskan waktu satu tahun lamanya.

.

Jadi, jika benar Matahari mengelilingi Bumi dalam waktu sehari-semalam, dia harus memiliki kecepatan orbit 365 x 29,79 kilometer perdetiknya ! Itu tdk masuk akal !

.

MENGAPA ? 

.

Karna pergantian siang dan malam akan cepat sekali kurang dari 24 jam !! 

.

Jika sudah begini  jelas tdk masuk akal matahari mengelilingi bumi.

.

Andaikan ada yg mengatakan (kaum bumi datar)  bahwa matahari itu kecil dan berputar di bumi yg datar maka makin tdk masuk akal  sebab pergantian siang malam beberapa negara tdk akan sesuai kenyataan.

.

Kita bisa uji ini dengan menghubungi beberapa negara yg di tempat itu malam atau siang.

.

Dan jika kita melihat dgn petunjuk peta bumi datar maka akan  ada negara yg saat itu malam justru di peta bumi datar malahan siang.

.

ITU SANGAT JANGGAL !  

.

Siapapun bisa uji ini tanpa perlu pakar astronomi ! 

.

Negara negara yg bisa di pastikan malam dan ketika kontak ke negara itu menjawab memang malam hanya terbukti jika bumi bulat ! 

.

INI SANGAT REALITIS KETIMBANG JIKA BUMI DATAR DAN MATAHARI MENGELILINGI BUMI.

.

Ingat bahwa Musim diberbagai wilayah hanya terjadi Jika Bumi yg kita saksikan dengan mata kepala kita ini disebabkan karena bumi itu  mengelilingi Matahari dengan falaq yang sedikit ellips, terjauh 152.100.000 km dan terdekat 147.100.000 km, dan bergulir dengan poros yang miring (231/2 derajat) pada arah yang tegak.Dan inipun di sebabkan karena bumi bulat.Jika tidak demikian maka hukum Alam prubahan musim akan sulit di temukan jika bumi datar.

.

Bukti yang paling cepat terlacak bahwa Bumi mengedari Matahari selama 24 jam, bisa kita rasakan tatkala Anda menyaksikan langit lewat telescope. Gerakan benda langit yang kita lihat dari sisi eyepiece ke sisi eyepiece lainnya, sama saja tatkala kita melihat Bulan, planet atau bintang-bintang; ialah gerakan yang disebabkan oleh rotasi Bumi. Kita bisa melihat dengan nyata pergeseran bintang bintang dari titik awal ketika kira mulai mengamati hingga beberapa jam kemudian. Kita bisa melihat kompas perubahan itu. 

.

Bintang tdk berubah jarak dgn bintang lain tetapi lihatlah semuanya bergeser satu arah dari titik arah awal kita amati beberapa jam kemudian.Itu membuktikan bahwa bumi kita berputar pada porosnya. 

.

Tidak perlu Ahli astronomoni untuk buktikan ini.bahkan jika bulan terang kita akan melihat nyata seolah bulan berpindah. DAN INGAT bahwa semua bintangpun berpindah padahal sebenarnya tdk.tetapi bumi kitalah yg berputar.!

.

APAKAH ANDA MAU PUNGKIRI MATA DAN PIKIRAN ANDA SENDIRI ?

.

Sebagian orang  ada yang berdalil dengan Al Quran tentang tidak adanya rotasi bumi adalah firman Allah tentang berjalannya matahari dan bulan :

.

﴿ﻭَﺍﻟﺸَّﻤْﺲُ ﺗَﺠْﺮِﻱ ﻟِﻤُﺴْﺘَﻘَﺮٍّ ﻟَّﻬَﺎ ﺫَﻟِﻚَ ﺗَﻘْﺪِﻳﺮُ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰِ ﺍﻟْﻌَﻠِﻴﻢِ ‏( 38 ‏) ﻭَﺍﻟْﻘَﻤَﺮَ ﻗَﺪَّﺭْﻧَﺎﻩُ ﻣَﻨَﺎﺯِﻝَ ﺣَﺘَّﻰ ﻋَﺎﺩَ ﻛَﺎﻟْﻌُﺮْﺟُﻮﻥِ ﺍﻟْﻘَﺪِﻳﻢِ ‏( 39 ‏) ﻻ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲُ ﻳَﻨﺒَﻐِﻲ ﻟَﻬَﺎ ﺃَﻥ ﺗُﺪْﺭِﻙَ ﺍﻟْﻘَﻤَﺮَ ﻭَﻻ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞُ ﺳَﺎﺑِﻖُ ﺍﻟﻨَّﻬَﺎﺭِ ﻭَﻛُﻞٌّ ﻓِﻲ ﻓَﻠَﻚٍ ﻳَﺴْﺒَﺤُﻮﻥَ﴾

.

“dan matahari berjalan di tempat perederannya. Demikianlah ketetapan Allah Yang Maha PerkasaLagiMaha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan tempat peredaran bagi bulan, sehingga (setelah ia sampai ke tempat peredaran yang terakhir) kembalilah ia seperti bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya” Q.S. yasin : 38-40.

.

Dan ayat-ayat ini tidak menafikan rotasi bumi. Dan di dalamnya hanya ada penetapan berjalannya matahari dan bulan.sama sekali tdk ada sangkut pautnya dgn soal bumi adalah diam.

.

Tidak ada dalam perkataan para imam dari para salaf yang menafikan rotasi bumi jika bukti ilmiah memang membuktikan akan hal itu.

.

Ada yang berdalil dengan penjelasan Qurthubi Rahimahullah dalam tafsir firman Allah Ta’ala :

.

﴿ ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻣَﺪَّ ﺍﻷَﺭْﺽَ ﻭَﺟَﻌَﻞَ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺭَﻭَﺍﺳِﻲَ ﻭَﺃَﻧْﻬَﺎﺭًﺍ﴾

.

“Dan Dia yang menghamparkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai di atasnya” Q.S. Ar Ra’d : 3.

.

Dimana dikatakan : (Dan yang menjadi pendapat kaum muslimin dan ahli kitab, pendapat yang menyatakan diamnya bumi dan tetapnya serta hamparannya. Dan seseungguhnya gerakannya biasanya adalah berbentuk gempa yang menimpanya) Tafsir al-Qurthubi (9/280).

.

Walaupun beliau mengatakan penukilan ijma’ tetapi ini adalah ijma’ yang tidak shahih karena tidak ada sandaran nash.

Qurthubi menukil ijma’ berdasarkan pengetahuan manusia yang sampai kepadanya di masanya.

.

Dan yang semacam ini tidak bisa dikatakan sebagai ijma’. Karena ijma’ harus bersandar pada dalil Al Quran dan Sunah atau kenyataan.

.

 Ijma’ yang dinukil Qurthubi Rahimahullah berasal dari ijtihad dan persangkaan, bukan berdasarkan ilmu dan keyakinan.

.

Dan yang menjadi acuan utama orang yang berpendapat bahwa bumi tidak berputar ADALAH terhadap beberapa ayat dan hadis yang menunjukkan bahwa bumi tetap. 

.

PADAHAL,TETAP DISINI BUMI TDK BERGESER DR GARIS EDARNYA BUKAN DIAM.

.

Soal Allah Ta’ala tentang sifat bumi  dalam firmanNya :

.

﴿ ﺍﻟﻠﻪُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺟَﻌَﻞَ ﻟَﻜُﻢُ ﺍﻷَﺭْﺽَ ﻗَﺮَﺍﺭًﺍ﴾

.

“Allahlah yang menjadikan bumi untukmu sebagai tempat menetap” Q.S. Ghafir :64.

.

Dan ini  bukan menjadi dalil tidak berotasinya bumi. Karena maksud dari ayat ini adalah penyebutan karunia untuk makhlukNya dengan diberikan kekuatan untuk hidup di atas bumi tanpa kesulitan dan goyangan. 

.

Allah jadikan pasak di bumi yang mencengkramnya agar tidak guncang bersama orang yang tinggal di atasnya. 

.

Sebagaimana difirmankan Allah Ta'ala :

.

: ﴿ﻭَﺟَﻌَﻠْﻨَﺎ ﻓِﻲ ﺍﻷَﺭْﺽِ ﺭَﻭَﺍﺳِﻲَ ﺃَﻥ ﺗَﻤِﻴﺪَ ﺑِﻬِﻢْ﴾

.

“Dan Kami menjadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh agar ia (tidak) guncang bersama mereka” Q.S. Al Anbiya : 31

Sekali lagi ayat ini tidak menafikan gerakan dan rotasinya.

.

Ayat diatas menjelaskan agar bumi tenang sehingga manusia nyaman tinggal diatasnya. Gunung gunung di tancapkan agar bumi tdk keluar dari garis edarnya.

.

MENGAPA DEMIKIAN ? 

.

Ini di jelaskan Oleh Allah 

Dalam surat Fafir :

.

{ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳُﻤْﺴِﻚُ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﻭَﺍﺕِ ﻭَﺍﻷﺭْﺽَ ﺃَﻥْ ﺗَﺰُﻭﻻ ﻭَﻟَﺌِﻦْ ﺯَﺍﻟَﺘَﺎ ﺇِﻥْ ﺃَﻣْﺴَﻜَﻬُﻤَﺎ ﻣِﻦْ ﺃَﺣَﺪٍ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِﻩِ ﺇِﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﺣَﻠِﻴﻤًﺎ ﻏَﻔُﻮﺭًﺍ }

.

Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap; dan sungguh jika keduanya akan lenyap, tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (Fathir: 41)

.

Ayat di atas adalah bukti mengapa Allah menancapkan gunung gunung sebagai penahan dan tdk menafikan rotasi bumi yg bergerak tenang pada rotasinya.

.


Lihat lagi Firman Allah : 

.

 ﻭَﺗَﺮَﻯ ﺍﻟْﺠِﺒَﺎﻝَ ﺗَﺤْﺴَﺒُﻬَﺎ ﺟَﺎﻣِﺪَﺓً ﻭَﻫِﻲَ ﺗَﻤُﺮُّ ﻣَﺮَّ ﺍﻟﺴَّﺤَﺎﺏِ ﺻُﻨْﻊَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺃَﺗْﻘَﻦَ ﻛُﻞَّ ﺷَﻲْﺀٍ ﺇِﻧَّﻪُ ﺧَﺒِﻴﺮٌ ﺑِﻤَﺎ ﺗَﻔْﻌَﻠُﻮﻥَ

.

“Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal dia berjalan sebagaimana jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS: An Naml [27]:88)

.

 Pada ayat An Naml 88 di atas menggunakan kata “tamurru”. Kata berarti lewat ( ijtâza), bergerak, pergi ( dzahaba).

.

Ini menunjukan bahwa  bumi  berputar pada porosnya sebab gunung ada di permukaan bumi namun ia berpungsi sebagai pasak agar tidak berguncang atau tidak keluar dari garis edarnya ketika berputar sinkron dalam 24 jam sehari semalam. tentu saja inipun secara tdk langsung membuktikan bumi itu bulat bukan datar.

.

mengapa ? 

.

Seandainya bumi datar, maka mesti hanya ada satu tempat terbit dan satu tempat terbenam. Realita harus terbukti

.

BUMI DATAR PASTI BYK TEMPAT MATAHARI TERBIT JIKA MENGELILINGI BUMI

ITU TDK MASUK AKAL BAHKAN MENYALAHI KETETAPAN ALLAH.

.

Terbit dan tenggelamnya matahari secara sempurna hanya terjadi jika bumi bulat dan sesuai dgn negara negara yg mengalaminya

.

Ketika matahari berada di timur bumi, ia akan menyinari sisi bagian timur saja, dan membuat gelap sisi bumi bagian barat, karena terhalang mendapatkan cahaya.

.

Bumi datar tidak bisa buktikan ini secara nyata bahkan menyimpang dari ketentuan Allah atas pristiwa siang dan malam.

.

Jika sudah begini siapa sesungguhnya yg tdk beriman atas ketentuan Allah ? 

.

Contoh lain yg perlu di perhatikan tentang Kondisi cahaya bulan.Sekiranya matahari yang mengelilingi bumi maka tentu saja bentuk-bentuk manzilah dari cahaya bulan akan mengalami perubahan bentuk selama siklus 24 jam.

.

Sementara yang kita saksikan adalah manzilah bulan itu berubah bentuknya hanya 1 kali dalam 24 jam.

.

Jadi Tidak mungkin matahari mengelilingi bumi bahkan tdk masuk akal.

.

Jadi dari kacamata ilmiah saja nyata jika bumi itu bulat dan ia mengitari matahari sama sekali tdk bertentangan dgn dalil dalil quran.

.

Ayat yang menunjukkan bumi bulat sendiri salah satunya pada surat al-Zumar 5:

.

”Dia menggulungkan malam atas siang dan menggulungkan siang atas malam”. (QS: Az-Zumar: 5)

.

Istilah bergulung tidak sempurna dilakukan kecuali oleh benda yang bulat.Kitapun kesulitan menentukan prubahan musim.waktu 24 jam sehari semalam jika bumi diam tdk bergerak.

.

JADI ANTARA BUMI BULAT DAN BERPUTAR PADA POROSNYA DI SAMPING BEROTASI DIGARIS EDARNYA MENGELILINGI MATAHARI HARUSLAH SINKRON.

.

Jika seandainya bumi datar, matahari mengelilingi bumi  dan diam pula maka gejala hukum alam,siang malam,waktu,musim, gerhana sangat sulit di cerna akal sebab perhitunganya akan saling bertentangan.

.

BISA DI CERNA ?

.

Saya menguji dgn sebuah eksperiment sederhana untuk buktikan bahwa bumi bergerak dan tidak diam.

.

Didalam mobil,saya masukan kupu kupu kecil dalam ruangan.saya melihat kupu kupu terbang kedepan ke belakang,kiri kanan sebagaimana ia bebas di alam terbuka.

.

Dan ketika mobil berjalan,bergerak.bahkan cukup cepat,Kupu kupu itu terbang kesana kemari seolah sama saja dengan ketika mobil tdk berjalan.bahkan dr kaca depan ke belakang ia terbang normal seolah mobil diam.padahal bergerak 60 km/jam.

.

Saya ibaratkan mobil itu adalah bumi dan kupu kupu adalah kita.kita sama sekali tdk merasakan bumi bergerak padahal bumi berotasi dan berputar pada porosnya 

.

Sama halnya kita dalam pesawat udara saat terbang normal. kita tdk merasa jika sesungguhnya pesawat itu terbang dgn kecepatan tinggi namun kita nyaman saja di dalamnya sambil ngopi.siapapun bisa buktikan hal ini.

.

Nah begitulah keadaan bumi.kita tdk sadari jika bumi bergerak.tahu tahu matahari kembali terbit kembali seperti semula. 

.

inilah yg dirasakan seolah bumi diam padahal ia sedang bergerak tdk berhenti di garis edarnya dan berputar pada porosnya.

.

Jadi sungguh benar jika Allah berfirman :

.

ﻭَﺗَﺮَﻯ ﺍﻟْﺠِﺒَﺎﻝَ ﺗَﺤْﺴَﺒُﻬَﺎ ﺟَﺎﻣِﺪَﺓً ﻭَﻫِﻲَ ﺗَﻤُﺮُّ ﻣَﺮَّ ﺍﻟﺴَّﺤَﺎﺏِ ﺻُﻨْﻊَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺃَﺗْﻘَﻦَ ﻛُﻞَّ ﺷَﻲْﺀٍ ﺇِﻧَّﻪُ ﺧَﺒِﻴﺮٌ ﺑِﻤَﺎ ﺗَﻔْﻌَﻠُﻮﻥَ

.

“Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal dia berjalan sebagaimana jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS: An Naml [27]:88)

.

Secara ilmiyah bumi berputar mengelilingi matahari sekali setiap 365,25 hari dengan kecepatan perputarannya mencapai sekitar 67.000 mil/jam dan itu didalam orbit setengah diameternya yang sekitar 93.000.000 mil, dan dengan ini bumi tetap tegak diatas porosnya dan tidak melemparkan kita dari permukaannya.

.

Kita tidak merasakan hal ini namun kita tdk bisa pungkiri pula bahwa pergerakannya dimana waktu 365.25 hari dalam satu kali gerakan selalu tepat,priodik setiap tahun.dan ini tdk akan di dapat dengan teori bumi datar dan diam dimana matahari di katakan mengelilingi bumi.

.

APAKAH ANDA  MAU MENOLAK WAKTU SETAHUN 365 HARI ?

.

Jika kaum bumi datar menolak perhitungan bumi bulat maka haruslah membuat waktu seminggu,sebulan,setahun dgn hitungan berbeda.  

.

misalnya seminggu  15 hari atau mungkin sehari 36 jam atau lebih.tentu dgn konsekwensi seluruh penunjuk JAM harus juga di rubah oleh tukang jam.

.

MASUK AKAL ? 

.

Kita manusia adalah makhluk yg sempurna,di karunia akal untuk melihat,membaca,mencerna segala sesuatu yg terjadi.

.

Ilmu ini Open Ending.Oleh sebab itu saint dan tehnologi muncul di sebabkan keingin tahuan manusia untuk memahami kekuasaan Allah.

.

pada dasarnya Al Quran adalah pedoman bagi perkembangan akhlak,agama dan kemajuan akal manusia dlm mencermati tanda tanda kekuasaan Allah.

.

saint dan tehnologi adalah kecerdasan akal untuk menyikapi pertanyaan Allah yg pada akhirnya hambaNya harus mengakui kekuasaanNYA.

.

Jadi jika ada sebagian orang justru sebaliknya kehilangan nalar dan akal,maka sesungguhnya ia belum memahami kekuasaan Allah bahkan tanpa sadar seolah menentang Allah.

.

Pada akhirnya saya mau katakan bahwa Firman firman Allah itu sungguh benar ketika di uji dengan kecerdasan akal dan sesuai realita yg ada.Intaha.

.

By.Von Edison Alouisci

Ditulis tanggal 25.4.2018

.

WA +6281273311201

0 Comments:

Post a Comment

 
Design by Blogger Themes | Bloggerized by Admin | free samples without surveys